Apakah Indonesia Penghasil Batubara Terbesar di Dunia?

Batubara sebagai salah satu hasil tambang, keberadaannya dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tidak kecil. Lantas manakah negara penghasil batubara terbesar di dunia? Apakah Indonesia termasuk?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kami telah berkesempatan melakukan wawancara dengan Tjandra Limanjaya, seorang pebisnis dan investor sukses di Indonesia. Beliau membagikan mengetahuannya terkait dengan mineral, berikut ini wawancara lengkapnya.

Negara Penghasil Batubara Terbesar di Dunia Ada di Mana?

Sebenarnya, Indonesia ada dalam salah satu negara pengahsil batubara terbesar di dunia, namun tidak berada pada urutan nomor satu. Masih ada Amerika Sekitar, China di atas Indonesia.

Sebut saja Amerika, ini saya terakhir baca jika Amerika mampu memproduksi 507,8 juta ton setiap tahunnya. Hal tersebut tidak lain lantaran Batubara sendiri telah menjadi sumber energi dari 50 persen listrik di Amerika sejak tahun 2005.

Namun sayangnya, di masa pemerintahan Presiden Obama telah ada kebijakan jika penggunaan batu bara sebagai sumber energi di Amerika akan disetop pada tahun 2035. Energi, kemudian akan beralih ke gas alam, papar Pengusaha sukses Tjandra Limanjaya.

Lantas Negara Mana yang Berada di Urutan Pertama?

Hingga saat ini China masih mendominasi sebagai negara penghasil batubara terbesar di dunia. Berdasarkan data dari CHBA, China setiap tahunnya dapat menghasilkan 1.844,6 juta ton batubara.

Berdasarkan penelitian bahkan mencatat jika kini 46% produksi batubara tua dunia ada di China. Akan tetapi, di masa depan tidak menampik jika akan ada bentuk lain pembangkitan listrik selain batubara di China, yaitu nuklir, air, dan beberapa energi terbarukan.

Bagaimana dengan Batubara di Indonesia?

Indonesia sebenarnya ada di urutan nomor 3 setelah Amerika dan China. Sebanyak 281,7 juta ton batubara dihasilkan setiap tahunnya di Indoensia, dengan total konsumsi sebanyak 60,8 juta ton.

Daerah penghasil batubara di Indonesia sendiri tersebar di banyak daerah, dan memiliki potensi sumber daya yang melimpah. Beberapa daerah tersebut di antaranya Kalimantan dan Sumatera. Kemudian di daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Papua, dan Sulawesi juga memiliki cadangan batubara dalam jumlah tidak sedikit.

Meskipun bukan negara penghasil batubara terbesar di dunia, batubara di Indonesia sendiri memiliki nilai ekonomis karena memiliki kualitas yang bagus. Batubara tersebut terutama yang dihasilkan di Kalimantan dan juga Sumatera.