Bali Utara Siap Disulap Jadi Nusa Dua, Dapatkah?

 

Bagaimana merubah Bali Utara seperti di wilayah Bali Selatan? Nusa dua contohnya, menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa untuk para wisatawan yang datang. Ada banyak orang yang membutuhkan wisata seperti di Bali Selatan. Hal tersbeut dikarenakan kebanyakan orang sudah mulai penat dengan aktifitas ayng terjadi tiap harinya.

Mereka membutuhkan sesuatu yang baru untuk menyegarkan tubuh seperti suntikan jiwa. Rekreasi seperti di Nusa Dua Bali misalnya. Ada banyak keindahan yang bisa didapatkan disana. Seperti pasir putih dan obak yang besar. Ini merupakan kesenangan yang tak pernah tergantikan. Kehidupan ekonomi orang Nusa DUa juga ikut meningkat saat Nusa Dua menjadi sorotan.

Menjadi tempat rekreasi yang bagus bukanlah hal yang mudah. Tempat rekreasi harus memiliki banyak fasilitas yang dalpat mendukung ini semua. Ada banyak biaya yang harus digelontorkan untuk satu tempat rekreasi yang indah. Nusa dua kini menjadi contoh bagi wilayah Bali lainya. Lihat saja bali utara. Yang sebentar lagi akan menjadi salah satu daya tarik lain dari Bali.

Sektor pariwisata Bali Utara akan dikembangkan seperti di Bali selatan. Nusa dua menjadi contoh yang bagus untuk Bali Utara. Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggarap sektor pariwisata disana? Ada wilayah sekitar 600 hektar di wilayah Bali Utara. Ini membutuhkan biaya yang tidak cukup sedikit.

Anggaranya juga belum bisa diketahui, berapa jumlahnya. Ini akan memakan biaya dan waktu. Namun untuk menjadi seperti Nusa Dua adalah perkara yang mudah. Jika saja biaya yang ada telah siap. Mungkin saja akan dilakukan bertahap atau mencari investor. Mencari investor juga tidak mudah. L

Untuk memiliki wilayah wisata yang sangat bagus , menjadi sebuah tantangan baru. Bali menjadi satu tempat yang bagus. Yang dapat membuat orang merasa nyaman dan terkadang bukan merasa di Indonesia. Anggaran yang dibutuhkan mungkin saja kurang jika mengandalkan pemerintah saja. Membuutuhkan bantuan swasta untuk mengembangkanya.

Gambaranya seperti Mandalika? Tidak. Ini akan berbeda. Karena satu tempat dengan tempat lainya berbeda. Ini mencakup dari keindahan dan lokasi dari tempat tersebut. Jadi bisa melihat apa yang bisa dikembangkan.

Gambaran Lombok seperti mandalika menghabiskan sekitar 3,3 triliyun yang bisa menggarap KEK Mandalika. Kawasan ekonomi khusus yang telah diresmikan oleh Jokowi beberapa waktu lalu.

Jika dikembangkan lagi bukan tidak mungkin kawasan ini akan lebih baik dari Nusa Dua. Dengan alam yang lebih asri dan budaya yang sangat kental ini menjadi ujung tombak Bali Utara.