Banyak Pengusaha Siap Bantu PLN

Menyusul dicabutnya formula harga khusus dalam negeri (Domestik Market Obligation/DMO) pada perusahaan listrik Negara (PLN) membuatnya mencari cara untuk mendapatkan suntikan dana. Para pengusaha batubara siap untuk membantu kekurangan PLN ini. Ada banyak yang siap untuk membantu PLN.

Jika pencabutan tersebut terjadi PLN harus membayar US$ 104,65 per ton. Harga tersebut merupakan harga sesuai dengan harga di pasar.

Dalam keputusan menteri energy dan sumber daya mineral/ESDM Nomor 1395/30/MEM/2018, PLN sebenarnya hanya akan membayar sekitar 70 US$ per ton. Bahkan jika HBA di bawah US$70, perusahaan listrik itu bisa memilih harga yang paling murah.

Hendra Sinadia selaku direktur eksekutif asosiasi pertambangan batubara Indonesia APBI mengatakan pencabutan harga khusus untuk batubara yang dipasok ke dalam negeri iu merupakan hal yang adil. Merupakan satu kebijakan yang dirasa tepat. Apalagi pemerintah akan menerapkan iuran bagi para pengusaha batubara.

Kesulitan PLN akan dibantu oleh para pengusaha batubara. Komitmen pengusaha batubara sangatlah jelas. Ini tentunya difungsikan sebagai membantu pln untuk memaksimalkan pendapatan Negara. Untuk besarnya iuran pengusaha masih menunggu pemerintah.

Belum diketahui berapa besaran iuran yang akan diberikan oleh para pengusaha batubara. Ada pun menteri kordinator bidang kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan pernah menyampaikan iuran ynag akan ditarik untuk para pengusaha sekitar  US$ 2 hingga 3 per ton.

Pengusaha Batu Bara siap membantu kesulitan dana PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero). Tenunya akan adanya keadilan ketika PLN dicabut oleh pemerintah. Ini menjadi salah satu ketepatan yang bagus. Namun harus ada poin yang jelas.

PLN akan dibantu oleh para pengusaha batubara yang telah siap untuk memberikan iuran. Ini sangat menarik sehingga keuntungan Negara akan lebih banyak lagi. Dengan ini juga aka nada persatuan yang lebih kuat. Meski belum dijelaskan berapa persen yang harus disetorkan untuk menjadi dana iuran.

pLN telah memiliki banyak kolega tentunya akan mudah dalam memberikan listrik ke seluruh wilayah. Dengan adanya ini juga membuat banyak orang lebih mengerti. Banyak pengusaha yang akan membantu PLN.