Banyuwangi Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik 2018

 

Penghargaan Pembangunan Anugerah Pangripta Nusantara diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas atas terpilihnya Banyuwangi sebagai salah satu daerah yang dinilai berprestasi dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan

Penghargaan ini diserahkan Presiden Joko Widodo dalam pembukaan acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Rencana Kerja Pemerintah 2019 yang dilaksanakan di Jakarta 30/04/2018 yang lalu.

Dalam sambutannya Anas sapaan akrab Bupati Banyuwangi ini mengaku sangat tersanjung dan banyak berterimakasih atas penganugerahan kepada Banyuwangi. Anas juga menyebut pencapaian ini adalah kerja keras semua pihak di Banyuwangi dan tidak bisa terlepas dari dukungan pemerintah pusat.

“Dukungan pemerintah pusat terhadap inovasi daerah sangat kuat, sehingga memotivasi Banyuwangi untuk terus berbenah, berupaya menghasilkan kinerja yang terukur dalam membangun daerah sesuai program Nawacita Presiden Jokowi,” kata Anas dikutip dari Tribunews.

Selain itu terpilihnya Kabupaten Banyuwangi dan mendapatkan penilaian tinggi tidak bisa terlepas dari beberapa program pembangunan daerah yang dinilai memiliki inovasi dan hasilnya bisa terasa perubahannya.

Program seperti program Rantang Kasih yang mendistribusikan makanan bergizi tiap hari ke warga lanjut usia, Garda Ampuh untuk anak putus sekolah, kolaborasi dengan Go-Jek menyediakan layanan antar obat untuk warga miskin, hingga Mal Pelayanan Publik yang pertama di Indonesia yang dibangun oleh pemerintah kabupaten.

Menurut Kepala Badan Perencanaan dan pembangunan Daerah Banyuwangi Suyanto Waspotondo menyebutkan bahwa program tersebut ternyata sangat ampuh dan bisa dirasakan pencapaiannya.

Di antaranya kemiskinan yang melorot drastis ke level 8,6 persen dari sebelumnya selalu di atas dua digit. Pendapatan per kapita juga melonjak menjadi Rp41,46 juta pada 2016.

Ini menjadi pemicu bagi Banyuwangi untuk terus menjadi salah satu inovasi pembangunan di Jawa Timur, Banyuwangi daerah dengan potensi besar yang masih terus dikembangkan agar kedepannya masyarakat dan semua elemen yang ada di Banyuwangi mampu merasakan kenyamanan serta kemamkmuran tinggal di Banyuwangi.

Jadi sangat wajar jika Banyuwangi dibawah kepemimpinan Bupati Anas mampu menyabet penghargaan daerah berprestasi dalam bidang pembangunan dan perencanaaan daerah.