Ekspor – Import Tantangan Indonesia Ditahun 2019

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indarwati menyebutkan tantangan pertumbuhan Indonesia tahun 2019 akan fokus disektor ekspor – import. Tantangan ini memang mengacu pada target pertumbuhan sebesar 5,3% yang sudah tercantum dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.

Untuk masing-masing instrument ekspor Indonesia akan menyentuk angka pertumbuhan mencapai 6,3% sedangkan untuk impor 7,1% di tahun 2019.

Namun petumbuhan instrument tersebut akan bisa saja terdampak dari situasi ekonomi global dan perang dagang yang sedang terjadi antara Negara maju semisal Amerika Serikat dengan China. Untuk mengatasi permasalahan ini Indonesia diharapkan mampu menerapkan kebijakan strategis untuk mengatur neraca transaksi berjalan dan neraca perdagangan Indonesia yang sampai saat ini masih mengalami defisit.

Salah satu yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia menurut Sri Mulyani untuk mengantisipasi hal tersebut adalah pengembangan industri hulu yang akan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor bahan baku.

Selain itu, terdapat upaya perbaikan iklim investasi di Indonesia, khususnya beberapa sektor yang memang berorientasi ekspor dan daya saing untuk perbaikan struktural pada transaksi berjalan.

Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indarwati berharap nantinya di tahun 2019 pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih akan terfokus dan didukung oleh kinerja konsumsi rumah tangga yang diperkirakan akan tumbuh 5,1% dan pembentukan modal tetap bruto (PMTB) tumbuh 7,0%.

Beberapa cara yang harus ditempuh untuk menjaga kestabilan ekonomi Indonesia sesuai dengan trend seperti mendorong kinerja investasi caranya dengan mempermudah perizinan dan memberikan insentif perpajakan.

Selain itu untuk mendorong kestabilan ekonomi secara jangka panjang memang masih harus mendorong prioritas perekonomian dengan cara membangun beberapa infrastuktur penunjang ekonomi. Jika hal ini sudah bisa dipastikan maka investasi di Indonesia akan berjalan dengan baik dan ekonomi akan stabil.