Investasi NTT Robert Simbolon Resmikan Smelter Mangan

Perusahaan asal Australia tanam investasi di NTT dengan membangun Smelter di kawasan Industri (KI) Bolok, Desa Bolok, Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur. Perusahaan tersebut yaitu PT Gulf Mangan Grup asal Perth, Australia.

Perlu diketahui, Smelter adalah fasilitas pengolahan hasil tambang yang berfungsi meningkatkan kandungan logam seperti timah, nikel, tembaga, emas, dan perak hingga mencapai tingkat yang memenuhi standar sebagai bahan baku produk akhir.

Peresmian pembangunan investasi di NTT Smelter Ferro Mangan tersebut dilakukan oleh Gubernur NTT Robert Simbolon, Juli lalu. Smelter Ferro tersebut akan menjadi pusat pengelolaan dan peleburan mangan kelas premium pertama di Pulau Timor, NTT.

Perusahaan asal Perth tersebut memantapkan Investasi di NTT, mereka sudah memulai pengurusan izin usaha pembangunan smelter tersebut sejak tiga tahun lalu. Perusahaan Australia, PT Gulf Mangan sendiri merupakan anak perusahaan dari Gulf Manganese Corporation (ASX-GMC).

Target produk pengelolaan mangan pada tahun pertama sebesar 30.000 aloy. Selanjutnya dengan penambahan mesin smelter di Bolok, produksi akan mencapai 155.000 alloy di tahun berikutnya.

Hadir saat Peresmian pembangunan investasi di NTT Smelter Ferro Mangan, Mantan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore, PT Gulf Mangan Grup Hamish Bohannan dan Presiden Komisaris Fofo Sariaatmadja.

Dua mesin smelter dari Afrika Selatan di pelabuhan Tenau. Hamish Bohannan mengatakan perusahaannya banyak menandatatangani kerjasama dangan banyak perusahaan pemegang izin usaha Tambang Mangan. Perusahannya siap untuk membeli biji Mangan sacara teratur dari masyarakat NTT. Hamish berjanji pada tahap awal, perusahaan akan mempekerjakan 80 tenaga kerja dari Desa Bolok dan wilayah sekitarnya.

Pejabat Gubernur NTT Robert Simbolon mengatakan Investasi di NTT berupa pembangunan smelter membuktikan NTT adalah tanah yang menjanjikan.

Robert mengatakan, kehadiran smelter sangat penting untuk mengetahui kandungan bahan lain yang ada dalam batu mangan. Beliau berjanji akan mengawal proses pembangunan smelter sehingga tidak hanya berhenti pada proses peresmian pembangunan.

Perusahaan asal Australia tersebut Investasi di NTT karena Biji Mangan NTT termasuk kelas komersil tertinggi dengan tingkat kemurnian Mangan sebesar 56 persen.