ISTA 2018 Bahas Pengembangan Pariwisata Hingga Timur Indonesia

Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata (Kempar) di Raja Ampat, Papua Barat pada tanggal 23 Agustus 2018 – 24 Agustus 2018 bertujuan untuk kembali menggairahkan pariwisata di Indonesia Timur dan juga menyelenggarakan kembali penghargaan Indonesia Sustainable Touris Award (ISTA) 2018.

Dalam acara ISTA 2018 juga dilakukan sosialisasi yang berlokasi di Desa Arborek Raja Ampat. Pemilihan lokasi ini dilakukan karena Desa Arborek merupakan salah satu desa wisata yang sedang melakukan pengembangan peraturan konservasi laut di Indonesia Timur.

“Sebagai salah satu kampung wisata di Papua Barat, desa wisata Arborek sudah mulai mengembangkan peraturan lokal mengenai konservasi laut berbasis kemasyarakatan. Dan pada penyelenggaraan ISTA 2017 mendapatkan penghargaan Green Award dalam bidang “Pemanfaatan Ekonomi untuk Masyarakat Lokal,” kata Valerina Tenaga Ahli Menteri Pariwisata dilansir dari Kontan.com.

ISTA 2018 dalam gelarannya kali ini mengambil tema “Kearifan Lokal untuk Wisata Berkelanjutan”, tema ini dipilih dengan maksud agar nantinya pariwisata mampu memberikan dampak positif bagi potensi lokal dan pastinya tujuan utama adalah kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI), World Economic Forum (WEF), pada 2017 daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 42 dari peringkat 50 pada 2015.

Raja Ampat sendiri merupakan destinasi wisata eksotis yang dikenal sebagai surga tersembunyi di wilayah timur Indonesia. Pada tahun 2015, Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat mencatat kunjungan sebanyak 14.137 wisatawan mancanegara dan domestik.

Pada tahun 2021, diperkirakan 92.000 wisatawan berkunjung ke Raja Ampat. Kenaikan angka pengunjung yang kebanyakan dari luar negeri ini diharapkan mampu mendongkrak perekonomian lokal.

Melihat data tersebut memang bisa diperkirakan bahwa Investasi Pariwisata di Indonesia khususnya di Indonesia Timur akan mulai dilirik oleh investor pariwisata baik asing maupun lokal. Pariwisata menjadi salah satu sektor yang mulai diperhitungkan di Indonesia, Indonesia dengan berbagai potensi wisata di setiap daerah yang berbeda menjadikan pariwisata benar-benar harus dimanfaatkan agar nantinya bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.