Jawa Timur Masuk Daerah Potensi Tambang di Indonesia

Provinsi Jawa Timur memiliki potensi tambang melimpah. Terbukti empat dari 9 Kabupaten/Kota di Jawa Timur memiliki sumber daya tambang mumpuni mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah dan investor. Keempat daerah tersebut bahkan digadang-gadang memiliki kualitas kategori tambang grade pertama atau berkulitas sangat baik.

“Itu di Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro. Untuk yang lima kabupaten/kota potensial tambang lainnya di Jatim masuk grade kedua,” ujar Bidang Investasi daerah Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Abdul Hamid, Kamis (28/8/2014).

Menurut Abdul Hamid, lima daerah lainnya yang masuk katagori grade kedua bukan berarti tidak memiliki potensi lebih. Sebut saja Banyuwangi. Kabupaten di ujung timur yang masuk grade kedua ini layak dikembangkan potensinya. “Di grade kedua ini ada Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Malang dan Pasuruan. Di Banyuwangi inilah ada potensi unggulan berupa tambang emas,” ungkapnya.

Salah satu daerah yang sudah mulai digarap potensi tambangnya adalah Kabupaten Banyuwangi. Banyuwangi memiliki potensi tambang eksplorasi emas. Investasi dikerjakan oleh Indonesia bekerjasama dengan investor jepang.

Eksplorasi emas Banyuwangi mulai pengerjaan dengan kapasitas eksplorasi mencapai 500 ton untuk saat ini. Kapasitas itu belum termasuk potensi eksplorasi emas di Lumajang yang memiliki lahan mencapai 60 ribu hektar. Jika keduanya benar-benar bisa dieksplorasi dengan maksimal maka bisa dibayangkan berapa yang akan dihasilkan.

Potensi Jatim dengan 38 kabupaten/kotanya, bukan sebatas pada sektor pertambangan saja masih ada beberapa potensi lain seperti perkebunan dan pariwisata. Untuk sektor bisnis perkebunan yang meliputi beberapa komoditas unggulan, seperti kelapa, kakao, kopi, jambu mete, cengkeh, tembakau, tebu, kapok randu, kapas dan jarak.

Sedangkan untuk investasi pariwisata sendiri Jawa Timur memang masih bertumpu kepada beberapa daerah potensial selama ini seperti Malang dan Surabaya. Namun bukan menuntup kemungkinan seperti Banyuwangi pertumbuhan investasi pariwisata begitu pesat karena di daerah tersebut potensi pariwisata memang sedang benar-benar digenjot habis-habisan.