Mengapa Indonesia Membutuhkan Investor Asing?

Alasan mengapa Indonesia membutuhkan investor asing adalah karena tren ekspor Indonesia yang masih terbilang rendah serta daya beli masyarakat yang terus meningkat. Selain itu karena infrastruktur kawasan industri membutuhkan biaya yang besar dan Indonesia belum memiliki biaya untuk merealisasikan hal pembangunan tersebut.

Untuk membangun sektor penunjang ekonomi, Indonesia memang membutuhkan investor asing dan tidak hanya mengandalkan investor lokal saja.

Jika Investor asing membangun pabrik atau perusahaan maka dapat menyerap tenaga kerja dari dalam negeri. Selain dapat memperjakan sumber daya manusia yang ada, perusahaan asing yang dibangun juga dapat mengedukasi pekerja Indonesia mengenai dari teknologi produk, etos kerja, serta kualitas produk yang dibuat.

Investasi tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dapat untuk investasi intelektual bagi pekerja lokal. Keuntungan lain dengan adanya investor asing adalah adanya peningkatan ekspor dari sektor produk. Sedangkan pada sektor pariwisata, maka ini akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Hal ini secara otomatis akan meningkatkan pendapatan devisa negara.

Dalam dunia bisnis, lokasi yang strategis dapat menjadi prioritas untuk menarik investor asing. Sedangkan infrastruktur dapat menjadi faktor penunjang. Dengan dua faktor tersebut maka bisnis dapat berjalan secara efektif.

Tugas pemerintah untuk menarik investor asing adalah menyediakan tempat-tempat strategis serta fasilitas infrastruktur yang memadai. Untuk fasilitas perizinan juga pemerintah memberikan layanan dengan memudahkan para investor asing masuk ke Indonesia.

Pemerintah telah menetapkan dia jenis kawasan atau lokasi untuk investor asing, yakni Kawasan Ekonoi Khusus dan Kawasan Industri Terpadu. Kedua kawasan tersebut tentu tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Salah satu Kawasan Ekonomi Khusus yang dapat membangkitkan perekonomian di wilayah Timur adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat. KEK Mandalika menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus dengan pembangunan yang sangat pesat.

Dengan hadirnya investor asing ke Indonesia diharapkan, investor lokal mampu memanfaatkan peluang yang ada, yakni dengan menjalin kerja sama untuk investasi di Indonesia. Investor lokal memiliki peran penting untuk memberikan informasi secara detail mengenai peluang investasi yang ada.