Nelayan Kalimantan Dapat Tambahan 1.114 Tabung LPG Per Bulan Dari Pertamina

Pemerintah telah menyiapkan tambahan pasokan LPG 3 kologram untuk mendukung program konversi BBM ke LPG 3 kilogram sesai kajian praprogram. Pasokan tersebut dikhususkan untuk para nelayan yang didukung Pertamina atas program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Program tersebut diluncurkan langsung oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto dan didampingi langsung oleh Senior Vice Presient (SVP) Marketing Business Retail Pertaina Jumali.

Program tersebut diitujukan untuk para nelayan yang berada di wilayah Kalimantan. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI telah mengkaji kenaikan tren konsumsi sebagai konsekuensi dari pemberlakukan program ini.

Region Manager Comm. & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha mengungkapkan bahwa penetapan program sudah dilakukan sejak awal bahwa hal ini sudah menjadi bagian dalam kajian yang telakukan Kementerian ESDM dengan cara menambah rabung LPG 2 kilogram kepada nelayan di Kalimantan.

Yudi menambahkan bahwa selai penyerahan paket konversi, sejak awal pihaknya yang berada di daerah telah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM dan dinas terkait seperti Kelautan dan Perikanan untuk mensukseskan program. Nelayan di Kalimantan yang menerima program tersebut berjumlah 2.990 orang.

Di Samarindah pihaknya telah merencakan pasokan tambahan minimal 1.114 tabung per bulannya. Angka tersebut merupakan hasil dari perhitungan tim yang telah disesuaikan dengan tren kebutuhan LPG bagi para nelayan.

Terlebih lagu Yudi menjelaskan bahwa sambil menunggu rekomendasi penunjukan pangkalan baru di titik padat penerima konversi dari Dinas Kelautan dan Perikanan, pasokan LPG tambahan tersebut akan dititipka ke pangkalan resmi. Nantinya setiap pangkalan akan menyediakan 75.000 tabung LPG 3 kilogram per hari.

Penyaluran LPG 3 kilogram ke masayrakat umum diharapkan dapat membuat masyarakat sadar bahwa subsidi LPG 3 kilogram sangat dibutuhkan dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh warga yang membutuhkan. Selain itu, LPG 3 kilogram juga memudahkan masyarakat dalam membeli LPG karena harganya yang terbilang jauh lebih murah, dibandingkan harus membeli LPG 10 kilogram.