Norwegia Dilirik Kerjasama Potensi Migas Laut Dalam

Saat ini Indonesia sedang melakukan pengembangan potensi Migas Laut Dalam di Indonesia bagian Timur. Arcandra Tahar selaku Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan eksplorasi masih menunggu investor untuk proses selanjutnya.

Investor sangat dibutuhkan karena pengembangan Migas Laut Dalam memiliki nilai sangat tinggi dan diharapkan akan mencapai target on-stream.

Peran pemerintah dalam eksplorasi Migas Laut Dalam melalui Kementerian ESDM membuat ebijakan untuk memberikan insentif bagi kontraktor proyek-proyek laut dalam pembangunan perairan.

Salah satu Negara yang dinilai memiliki potensi dalam eksplorasi Migas Laut Dalam di Timur Indonesia adalah Norwegia. Norwegia menjadi salah satu Negara yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam pengembangan minyak dan gas bumi di laut dalam.

Norwegia menjadi mitra yang tepat mengingat dari sejarah panjang negara ini dalam mengembangkan industri migas di negaranya. Bila nantinya kerjasama dengan Norwegia terjalin, Indonesia bisa melakukkan pertukaran pengetahuan dan pengalaman dengan Norwegia dalam upaya meningkatkan produksi dari lapangan laut dalam.

Duta Besar Norwegia untuk Republik Indonesia, Vegard Kalee mengatakan, kerjasama antara Indonesia dan Norwegia dalam bidang energi, terus mengalami peningkatan. “Ada peningkatan jumlah perusahaan energi kami di Indonesia dan Indonesia memiliki peluang pasar yang menarik dalam minyak dan gas serta energi bersih. Kami berharap dapat memperkuat kerja sama kami untuk berkembang di sektor energi indonesia,” ujar Vegard Kalee.

Memang sampai saat ini belum pasti investor mana yang akan bersama-sama pemerintah mengembangak potensi Migas Laut Dalam di Indonesia. ESDM masih terus berusaha menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk kepentingan eksplorasi.

Perusahaan migas internasional juga masih menaruh minat yang tinggi untuk berpartisipasi dalam upaya eksplorasi hulu migas Indonesia utamanya laut dalam dan wilayah timur Indonesia.

Yang terpenting ESDM melalui Wamen Archandra Tahar menyebutkan kedepannya bahwa Migas Luat Dalam Indonesia harus bisa dikelola dan di eksplorasi secara maksimal dan tidak setangah-setengah.

Indonesia yang kaya akan potensi dan sumber daya alam memang harus bisa mengoptimalkan sumber daya alam tersebut dengan bijak dan tepat guna.