Papua Barat Daerah Penghasil Gas Alam Terbesar di Indonesia

Papua Barat adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua dengan ibukota Manokwari. Saat ini Papua Barat masuk dalam salah satu daerah pusat pertambangan dan pengolahan gas alam cair terbesar di Indonesia terletak di Teluk Bintuni.

Provinsi Papua Barat masuk urutan ke-3 dalam daftar 5 daerah penghasil gas alam yang terbesar di Indonesia. LNG Tangguh merupakan megaproyek yang digarap oleh pemerintah untuk memanfaatkan potensi kekayaan gas alam di Papua Barat. Pusat pertambangan LNG Tangguh di Papua Barat memiliki sekitar 500 miliar meter kubik cadangan gas alam dari perut buminya.

Begitu melimpahnya potensi cadangan gas alam di Papua Barat menjadikan Indonesia masih akan terus beberapa tahun kedepan menjadi salah satu Negara di penyuplai gas alam terbesar di dunia. Indonesia memproduksi gas alam hampir dua kali lipat dari gas alam yang dikonsumsi di Indonesia sendiri.

Papua Barat sendiri ternyata untuk cadangan gas alam bukan hanya berada di LNG Tangguh yang selama ini menjadi pasokan terbesar di Indonesia. Ada beberapa titik di Papua Barat yang memang setelah diteliti memiliki kekayaan cadangan gas alam begitu melimpah.

Daerah Kapulanda yang diteliti oleh tim dari Pertamina EP ternyata juga menyimpan cadangan gas alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat Papua Barat dan Indonesia. Masih dibutuhkan waktu eksplorasi kurang lebih selama sepuluh tahun sampai pertambangan gas alam di Kapulanda dapat beroperasi. Namun, paling tidak sudah ditemukan sumber gas alam baru yang diharapkan sama melimpahnya dengan potensi gas alam di LNG Tangguh.

Kekayaan gas alam di Provinsi Papua Barat ini semakin membuktikan eksistensi potensi dan kekayaan alam di bumi pertiwi Indonesia memang begitu melimpah. Pemerintah akan terus mengeksplorasi bumi Papua Barat untuk menemukan sumber-sumber gas alam lainnya untuk kesejahteraan bangsa Indonesia.

Eksplorasi yang tepat dan berkesinambungan akan menghasilkan produksi yang memiliki kuantiti dan kualitas yang bagus. Dukungan pihak terkait akan menjadi salah satu sumber keberhasilan dalam sebuah eksplorasi dan ditunjang dengan teknologi yang mumpuni serta terpenting adalah SDM berkualitas.