Pemprov Sumut dan PLN Kerjasama Percepatan Ekonomi dan Pariwisata

PT PLN (Persero) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menandatangani MOU layanan satu pintu di sektor investasi dan pariwisata. Tujuan kerjasama ini tidak bukan dan tidak lain untuk mewujudkan Sumatera Utara sebagai salah satu daerah di Indonesia tujuan investasi dan kunjungan pariwisata wisatawan asing dan lokal.

Didalam MOU antara Pemprov Sumut dan PLN berisi tentang sinergi informasi khususnya terkait penanaman modal dan kemudahan mendapatkan listrik bagi penanam modal di Provinsi Sumatera Utara.

Penandatangan dilakukan langsung oleh General Manager PLN Sumut Feby Joko Priharto dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah pada tanggal 1/10/2018.

“Percepatan pencapaian target realisasi penanaman modal, pertumbuhan ekonomi dan pariwisata, serta penyerapan tenaga kerja merupakan beberapa alasan yang melatarbelakangi penandatanganan MoU ini” ungkap GM PLN Wilayah Sumut Feby Joko Priharto.

Kerjasama ini dirasa perlu untuk memberikan kepastian bagi para investor untuk melakukan produksi dan menjalankan bisnis investasinya di Sumut. Diketahui bahwa segala bentuk bisnis memang kelistrikan menjadi kunci utama bagaimana bisnis tersebut berjalan.

Dengan kondisi kelistrikan Sumut yang semakin handal, lanjutnya, PLN siap mendukung Pemprov Sumut untuk menarik investor sebanyak-banyaknya, menumbuhkembangkan pariwisata dan perekonomian Sumut, dan menjadikan Sumut sebagai daerah tujuan investasi.

“Dengan beban puncak sekitar 2.150 MW pada sistem Sumbagut, PLN memiliki reserve margin sebesar 10-20% atau sekitar 300 MW. RUPTL PLN 2018 juga menunjukkan bahwa pada tahun ini PLN akan memperoleh total penambahan suplai daya pembangkit sebesar 399 MW dan RUPTL 2020 menunjukkan angka penambahan daya pembangkit mencapai 1.680 MW” paparnya.

Kerjasama ini juga diapresiasi oleh semua pihak yang ada di Sumut, Pemrov Sumut berharap nantinya awal mula yang bagus ini akan menjadi pintu masuk investor masuk ke Sumut dan percepatan ekonomi di Sumut berjalan dengan lancar.

Diketahui Sumatera Utara menjadi salah satu daerah dengan potensi investasi begitu banya, mulai dari sektor industri, pariwisata, perkebunan hingga perikanan kelautan semuanya ada di Sumut. Saat ini hanya tinggal bagaimana potensi itu bisa digarapa dengan baik dan sesuai tujuan agara berdampak positif bagi masyarakat Sumatera Utara.