Perbaiki Dulu Hal Ini Agar Investasi Langsung Tumbuh

Langkah-langkah menggenjot investasi langsung asong masuk ke dalam negeri kita harus memperbaiki bebrapa hal, hal terpenting adalah dua poin ini. Dua poin tersebut  yaitu Easy of Doing Business dan logistic performance index Indonesia.

Febrio N selakuk kepala penelitian makroekonomi dan finansial  lembaga pengkajiian ekonomi dan masyarakat Universitas Indonesia mengungkapkan kedua poin itu telah terbukti. Dua poin tersebut nyatanya ositif dalam mengundang Investor ke Indonesia.

Peringkat EoDB dan LPI sangat improve dalam tiga tahun terakhir , meskipun begitu kita lupa bahwa kita tidak sendiri dalam mengejar investor asing agar berinvestasi di tempat kita. Ada Negara pesaing lainya. Ini seperti Negara berkembang lain yang seimbang dengan Indonesia. Lihat saja Vietnam, menjadi salah satu Negara competitor Indonesia. Pada peringkat Negara Indonesia berada di bawah Vietnam, meskipun Indonesia terus menerus naik.

Indonesia dan Vietnam seperti dua saudara yang saling bergantian untuk mendapatkan banyak investasi asing. Ada pabrik yang dulunya berada di Indonesia lalu dipindahkan ke Vietnam begitu pula sebaliknya. Ada banyak yang perlu untuk diperbaiki guna mendapatkan persaingan yang sehat dan bisa melakukan banyak hal dengan banyaknya investor yang masuk.

Ada banyak penilaian yang bisa menjadi indicator. Dan EoDB menilai Indonesia kesulitan untuk berkoordinasi dengan perizinan pusat dan daerah.

Pemda belum fasih dalam EoDB, kata Febrio. Dengan permassalahan tersebut pemerintah pusat diharapkan memberikan kompetisi di tiap daerah dan membuatnya menjadi lebih menarik. Ini terkait dengan perbaikan dalam hal pelayanan dan perizinan investasi.

Untuk saat ini World Bank dalam laporan EoDB hanya memasukan dua kota terbesar yaitu Jakarta dan Surabaya. Melalui kompetisi tersebut diharapkan world bank dapat diperluas sehingga kesempatan untuk investasi di daerah menjadi bertambah. Ini tentunya akan menarik dikala banyak tempat menyatakan bahwa mereka pro Investasi. Ini sangat keren di masa mendatang.

Dua hal yang terpenting dalam investasi adalah penilaian LPI dan EoDB yang telah dimasukan ke dalam nya. Menjadi satu poin yang menarik untuk mendapatkan  banyak investor.