PLTB Sidrap Dapat Dijadikan Destinasi Digital

PLTB Sidrap telah diresmikan Presiden Joko Widodo dan merupakan pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia. Pembangkit listrik ini berlokasi di perbukitan Watang Pulu Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan.

Lokasinya yang berada di perbukitan membuat PLTB ini memiliki view yang bagus. Bahkan lokasi dari pembangkit listrik ini berpotensi dijadikan destinasi digital.

“Jika Anda gemar berfoto, maka PLTB yang berada di perbukitan Watang Pulu tersebut sangat bagus di layar kamera. Terlihat bukit hijau, pepohonan, dan sunset saat senja membuat lokasi tersebut berpotensi menjadi destinasi digital.” ujar Arief.

Dengan dijadikan destinasi digital maka PLTB tersebut secara tidak langsung dapat dipromosikan oleh generasi muda. PLTB Sidrap memiliki tinggi tiang hingga 80 meter dengan lebar 57 meter. PLTB Sidrap memiliki 30 turbin dengan kapasitas 75 MW.

Menurut Arief PLTB Sidrap selain untuk memenuhi pasokan listrik di wilayah Sulawesi Selatan, lokasinya yang cukup menarik masuk dapat atraksi wisata yang mengesankan. Pihaknya akan bekerja sama dengan dinas pariwisata untuk menggali potensi wisata yang ada di sekitar lokasi PLTB. Nantinya diharapkan ada wisata lain yang dapat dikembangkan selain alam dan kincir angin.

Kebudayaan setempat diharapkan dapat ditonjolkan untuk mengembangkan pariwisata di Kawasan PLTB. Arief menambahkan bahwa jika pariwisata di daerah tersebut semakin kuat maka industri lainnya dapat mengikuti seperti amenitas serta akses yang semakin berkembang. Ini karena pengembangan destinasi pariwisata yang berhubungan dengan akses, amenitas, dan atraksi.

Untuk menarik wisatawan maka pembangunan amenitas seperti homestay, resort, dan hotel harus dapat dikembangkan. Jika semua sudah terpenuhi maka yang harus dilakukan adalah promosi. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai hal asalkan fasilitasi di kawasan tersebut dapat terpenuhi.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu di Perbukitan Watang Pulu, Sidrap memiliki potensi pariwisata.