Tambang Emas Martabe Dikuasai United Tractors Investasi US$917,9 Juta

PT United Tractors Tbk (UNTR) akhirnya berhasil mengambil alih Tambang Emas Martabe setelah beberapa waktu yang lalu melakukan perjanjian ambil alih saham mayoritas sebesar 95% saham Agincourt Recurces Pte Ltd di PT Agincourt Recources dengan nilai US$ 917,9 juta.

PT United Tractors mengambil saham mayoritas dari PT Agincourt Resources sebesar 95% melalui anak usaha miliknya PT Danusa Tambang. PT Agincourt resources sendiri menjadi pemilik mayoritas saham pengelola Tambang Emas Martabe.

Sara Loebis, Sekretaris Perusahaan PT United Tractor mengatakan, selain itu UNTR dan PT Pamapersada Nusantara berusaha untuk memberikan pinjaman kepada PT Agricort Recources sebesar maksimal US$ 325 juta.

“Tujuan investasi ini untuk mengembangkan unit bisnis pertambangan UNTR yang didalamnya sudah ada tambang batubara dan tambang emas,” ujar Sara dilansir dari Kontan.co.id.

Untuk besaran dana Sara Loebis menyebutkan dana tersebut diambil dari pinjaman bank dan kas perusahaan. Namun secara gamblang sara tidak mau menyebutkan detail berapa besaran masing-masing dana yang digunakan.

Pengambil alihan Tambang Emas Martabe oleh pihak UNTR menjadi salah satu langkah bijak untuk semakin meningkatkan daya saing dan portofolio perusahaan. Ekspansi ini menunjukan keseriusan UNTR untuk masuk dan terjun ke bisnis bidang mineral termasuk emas dan batubara.

Pasca akusisi ini nantinya PT Agricourt Recources sahamnya akan dimiliki 95% oleh PT Danusa Tambang Nusantara dan 5% PT Artha Nugraha Agung. PT Danusa Tambang sendiri sahamnya dimiliki oleh UNTR sebanyak 60% dan 40% milik Pamapersada.

Pertambangan memang masih menjadi magnet bagi perusahaan dan investor untuk menanamkan modal bisnisnya. Walaupun beberapa hari terakhir investasi pertambangan telihat lesu namun sentiment pasar memang diprediksi akan menguat dalam beberapa hari kedepan seiring dengan iklim investasi global mulai membaik.