Wisatawan Mancanegara Cruise Meningkat Armada Angkutan Wisata Panen

Bali sebagai destinasi dunia memiliki potensi wisata maritim yang bisa disinggahi cruise. Kapal pesiar ini akan membawa ribuan penumpang meramaikan pariwisata Bali.

Direktur Eksternal Pacific World Nusantara ini melihat pemerintah memberikan penyederhanaan  aturan terkait kedatangan cruise melalui Bali. Ini termasuk biaya yang lebih murah ketika memanfaatkan fasilitas dermaga atau pelabuhan laut baik di Pelabuhan Benoa maupun Celukan Bawang.

Wisatawan cruise ini bisa melakukan turn arround penumpang di Bali. Selain itu yang utama penumpang cruise akan melakukan tur di Bali. Ini dibutuhkan kesiapan armada angkutan wisata dan SDM pramuwisata yang meng-handle wisatawan cruise ini.

Rute tur disiapkan objek atau destinasi wisata di Bali yang sudah dikenal dan diminati wisatawan cruise. Wisatawan cruise yang berkeinginan tur secara private/couple. Mereka akan disiapkan armada khusus dalam mobil dengan kapasitas kecil.

Dikatakannya, wisatawan cruise ini memiliki banyak pilihan untuk kegiatan tur. Manajer Operasional Lestari Budaya Bali Transport, Nengah Suastika mengatakan dalam meng-handle wisatawan cruise ini perlu dipersiapkan armada khusus untuk melayani wisatawan cruise yang turun di Pelabuhan Benoa maupun dan Celukan Bawang selanjutnya melakukan tur di Bali.

Disisi lain Kapal pesiar Genting Dream menurunkan seribu orang lebih, hari ini, kapal pesiar Azamara Journey membawa 617 turis Eropa tapi yang turun sebanyak 300 turis untuk menikmati berbagai objek wisata di kabupaten Buleleng. Kapal pesiar bersandar di pelabuhan Celukan Bawang jam 08.10 Wita

Saat menuruni tangga kapal pesiar, para turis tampak gembira dan antusias melihat sambutan tarian tradisional Bali. Belasan bus wisata untuk membawa lebih 600 turis ke berbagai destinasi wisata di Buleleng, di antaranya melihat ke Puri Gede, Museum Gede Kertya, Wihara, Munduk, Gigit dan Labuhan Lalang atau Teluk Brumbu, serta Menjangan. Wisatawan Mancanegara diharapkan dapat menggerakan ekonomi daerah dan masyarakat Buleleng

Armada untuk wisatawan cruise ini memiliki standar yang baik. Standar keamanan dan kenyamanan kendaraan menjadi prioritas utama. Kabupaten Buleleng memiliki pelabuhan yang mampu disandari kapal-kapal pesiar besar, selain di pelabuhan Tanjung Benoa, di Denpasar.