Pemanfaatan Energi Batu Bara untuk Hidup Manusia

Batu bara

Batu bara selama ini jadi bahan bakar fosil untuk berbagai keperluan. Besarnya manfaat batuan sedimen tersebut menjadikan pemanfaatan energi batu bara terus dilakukan oleh manusia bahkan sampai sekarang.

Bahkan, saat ini manusia belum bisa lepas sepenuhnya dari batu bara. Sebenarnya apa saja manfaat batu bara dalam kehidupan sehari-hari manusia?

Pemanfaatan Energi Batu Bara

Batu bara adalah batuan sedimen yang muncul akibat adanya endapan organik terutama tumbuhan purba. Pengendapan bahan organik hingga sampai jadi batu bara membutuhkan waktu yang lama. Kondisi itu membuat batu bara jadi salah satu sumber energi yang tak bisa diperbarui.

Meski demikian eksploitasi manusia terhadap batu bara terus dilakukan sampai sekarang. Hal itu mencerminkan beta pentingnya peran batu bara bagi kehidupan manusia. Lalu apa saja manfaat batuan tersebut untuk kehidupan? Berikut penjelasannya.

  1. Sumber Energi Pembangkit Listrik

Salah satu manfaat batu bara yang paling lekat dengan manusia adalah menjadi sumber energi untuk pembangkit listrik. Proses penghasilan listrik dilakukan dengan membakar batu bara hingga muncul uap. Turbin akan bergerak karena uap pembakaran bahan fosil tersebut hingga menghasilkan listrik.

  1. Bahan Bakar dalam Industri

Batu bara sangat mudah terbakar sehingga kerap digunakan dalam berbagai industri untuk membantu menghasilkan berbagai produk seperti semen dan kertas. Menariknya, penggunaan batu bara sebagai bahan pembakar lebih murah dibanding bahan bakar lain.

  1. Pengolahan Logam

Dalam industri besi dan baja misalnya, logam perlu dibakar dengan suhu tinggi. Suhu tersebut bisa didapat dari pembakaran batu bara. Biasanya pembakaran dilakukan di sebuah tungku besar yang mampu menampung logam yang ingin dibakar.

  1. Untuk Memasak

Pemanfaatan batu bara dalam rumah tangga juga masih sering dijumpai khususnya untuk membantu mengolah makanan dan minuman. Biasanya batu bara akan diolah hingga membentuk briket sehingga lebih praktis. Briket batu bara bisa dibakar kapan saja dan lebih praktis, bahkan mampu menggantikan minyak tanah untuk membakar kayu.

  1. Bahan Baku Produk Kimia

Tidak hanya sebagai bahan bakar, batu bara juga digunakan dalam pembuatan produk kimia misalnya metanol, amonia, benzena, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut diketahui berfungsi untuk membuat produk seperti plastik, bahkan obat.

  1. Membuat Pupuk

Batu bara punya peran penting dalam pembuatan pupuk dengan cara diolah agar menghasilkan amonia. Zat amonia itulah yang dimanfaatkan dalam pembuatan pupuk nitrogen. Setelah itu pupuk nitrogen bisa dimanfaatkan oleh para petani dalam mengolah sawah dan ladangnya.

  1. Bahan Baku Gas Sintetis

Lewat proses gasifikasi, batu bara bisa bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan gas sintetis seperti hidrogen atau bahan bakar cair. Produk tersebut dibuthkan dalam berbagai kegiatan manusia.

  1. Penyaringan Air

Tidak hanya untuk kepentingan industri, batu bara juga digunakan dalam proses pengolahan air. Manfaat ini sangat berguna karena mampu memisahkan kotoran yang bercampur dengan air. Dengan batu bara, air akan kembali jernih dan bisa dimanfaatkan oleh makhluk hidup. Selain itu penyaringan ini juga membantu memperbaiki kualitas air yang sangat penting untuk manusia.

Sampai saat ini pemanfaatan energi batu bara terus dilakukan. Bukan hal yang tidak mungkin di masa depan pemanfaatan bahan bakar fosil tersebut terus berkembang. Meski demikian, saat ini ada kecenderungan pemerintah dunia mulai meninggalkan batu bara sebagai bahan bakar. Namun langkah tersebut masih dalam uji coba dan pengembangan. Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan dampak pemanasan global dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari kegiatan eksploitasi dan pembakaran batu bara.

Tags: Bahan Bakar, Batu Bara, pembangkit listrik

You may also like...