Investor Asing Siap Bangun Pabrik Semen di Banggai

Salah satu perusahaan semen asal China berencana akan melakukan investasi dengan membangun pabrik semen di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Keseriusan investor asal China ini ditunjukan dengan pada tanggal 13 Agustus 2018 bertemu dengan Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola untuk membahas rencana investasi tersebut. Dalam pertemuan turut hadir CEO PT Banggai Citra Lestari Budi Kurniadi serta jajaran pemerintahan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam beberapa waktu kedepan pihak Investor asal China dan PT Banggai Cipta Lestari akan melakukan survey ke lokasi untuk menentukan bagaimana proses selanjutnya. Rencananya pihak pembangun perusahaan semen dalam beberapa waktu kedepan akan mengantongi Izin Usaha Penambangan (IUP) yang memang sedang diproses.

Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola menyambut baik rencan investasi tersebut. H Longki Djanggola juga akan mendukung penuh dan membantu selama itu memang menjadi tanggung jawab dirinya dan dalam ruang lingkup yang semestinya sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

“Saya tidak main-main kalau ada investor yang ingin berinvestasi apalagi Sulawesi Tengah belum memproduksi semen, dan perusahaan tersebut sudah memiliki IUP, kami juga akan menfasilitasi dengan PLN,” sebut gubernur.

Namun Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menghimbau untuk mengurus terlebih dahulu segala persyaratan seperti Amdal serta kelengkapan adminsitrasi lainnya di pemerintah kabupaten dimana lokasi pabrik semen akan dibangun.

Dan yang tak kalah pentingnya soal legalitas kepemilikan lahan agar jangan sampai terjadi permasalahan dikemudian hari yang berujung saling gugat-menggugat, klaim- mengklaim hingga akhirnya ke proses PTUN sampai upaya banding. Lahan harus benar-benar sudah siap dan segala proses harus selesai, ditakutkan nantinya malahan akan menghambat proses pembangunan pabrik semen itu sendiri.

Jika investasi di Indonesia timur ini berjalan dengan baik, maka secara tidak langsung aka nada serapan tenaga kerja baru dan lapangan pekerjaan di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah. Dampak positif inilah yang sekiranya menjadi pertimbangan dimana setiap investasi yang masuk diharapkan benar-benar membawa dampak positif bagi keuangan daerah dan juga bagi masyarakat pada khususnya.