PLN Indonesia Power dan Pertamina Geothermal Energy: Kolaborasi Strategis untuk Energi Panas Bumi

PLN Indonesia Power berkolaborasi dengan Pertamina Geothermal Energy untuk pertumbuhan potensi energi panas bumi. (Headline.com)

PLN Indonesia Power (PLN IP) memperkuat komitmennya dalam mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) dengan fokus utama pada energi panas bumi. Langkah ini diambil untuk mendukung target Enhanced National Determined Contribution (NDC) serta program Net Zero Emission (NZE) pemerintah.

Direktur Utama PLN Indonesia Power, Edwin Nugraha Putra menegaskan pentingnya pengembangan energi panas bumi sebagai bagian dari upaya mendiversifikasi sumber energi. Indonesia, dengan kekayaan alamnya yang melimpah, memiliki potensi panas bumi yang mencapai 40% dari cadangan dunia.

“Sebagai negara yang berada di cincin api, Indonesia memiliki kekayaan sumber energi panas bumi yang sangat besar. Potensi ini harus dimanfaatkan secara optimal sebagai salah satu sumber energi listrik yang ramah lingkungan,” ujar Edwin dalam pernyataan resminya pada Selasa (4/6) kemarin.

PLN Indonesia Power berkolaborasi dengan Pertamina Geothermal Energy dalam upaya mengoptimalkan potensi panas bumi. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) pada tanggal 30 Mei 2024 di Jakarta.

Menurut Edwin, JDA ini mencerminkan komitmen kedua perusahaan energi besar dalam negeri untuk meningkatkan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Indonesia. Hal ini diharapkan akan mempercepat transisi energi nasional sesuai dengan komitmen pemerintah terhadap target NDC dan NZE di Indonesia.

Salah satu fokus utama dari JDA adalah pengembangan proyek co-generation di dua wilayah kerja panas bumi dengan memanfaatkan energi yang terkandung dalam brine untuk meningkatkan kapasitas produksi listrik. PLTP Ulubelu Binary Unit dan PLTP Lahendong Binary Unit menjadi target pengembangan awal yang diharapkan mampu menambah kapasitas terpasang sebesar 30 MW dan 15 MW secara berturut-turut.

“Dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi canggih, kami yakin pengembangan energi panas bumi dapat ditingkatkan, sehingga kontribusi EBT dalam pemenuhan kebutuhan listrik di Tanah Air terus meningkat,” tambah Edwin.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi salah satu pemimpin dalam penggunaan energi terbarukan, sekaligus menjaga keberlanjutan lingkungan untuk generasi mendatang.

Demikian informasi seputar PLN Indonesia Power yang berfokus kembangkan sektor energi panas bumi di Indonesia. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Sahabatsinergi.Com.

Tags: Bisnis, Direktur Utama PLN Indonesia Power, EBT, Edwin Nugraha Putra, Ekonomi, Energi Baru Terbarukan, Indonesia, Keuangan, net zero emission, NZE, PLN Indonesia Power, PLN IP

You may also like...